Wisata Gua Seplawan dengan rental mobil Jogja

Gua Seplawan : Bukan Hanya Jelajah Gua Bawah Tanah

 Dengan rental mobil jogja anda bias menmpuh perjalanan selama 1.5 jam. Gua Seplawan merupakan sebuah tempat wisata alam di daerah desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, berada sekitar 20 kilometer ke arah timur pusat kota Purworejo dengan jarak tempuh sekitar 30 menit. Lokasi ini berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut.

rental mobil jogja ke Gua Seplawan

Tempat wisata berupa gua bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 500 meter dan berbentuk gua buntet alias gua yang tidak ada tembusannya. Gua ini memiliki cabang-cabang di dalamnya dengan panjang sekitar 150 hingga 300 meter. Jalur khusus pengunjung sudah diberi lampu penerangan. Akan tetapi, cabang-cabang gua tidak dipasangi lampu karena tanahnya berlumpur. Selain stalaktit dan stalagmit, gua ini mempunyai gowerdam, flow stone, soda straw, dan helektit. Banyak sekali para turis asing berlibur dengan rental mobil jogja ke gua seplawan.

Di dalam gua, ada sebuah telaga dengan air yang masih segar. Sumber air ini dilengkapi tulisan kuno; Saplo wan. Jika diartikan, Saplo berarti “suci” dan wan berarti “manusia.” Telaga ini dianggap sebagai tempat mensucikan manusia. Konon katanya, siapa saja yang membasuh muka dengan air dari Saplo wan dengan memiliki niat baik, jika berdoa dengan ikhlas maka Yang Maha Kuasa akan segera menjawab keinginan orang tersebut.

Untuk memasuki Gua Seplawan, awalnya, pengunjung akan langsung dihadapkan dengan anak tangga yang menanti untuk dituruni. Seolah masuk ke perut bumi, perjuangan menyusuri gua masih menyisakan perjalanan panjang. Gua yang sempit dan dialiri air tanah dianggap sebagai sebuah tantangan bagi penikmat wisata jelajah gua. Sandal antilicin sebaiknya dipakai karena keadaan medan lantai yang sangat licin. Harga tiket belum termasuk jika anda menggunakan rental mobil jogja.

Gua Seplawan purworejo

Menurut kesimpulan para ahli, Gua Seplawan adalah peninggalan peradaban masa lau, sekitar jaman kebudayaan Hindu-Budha. Hipotesis ini diperkuat dengan temuan arca emas di salah satu sudut gua. Arca berbentuk patung sepasang pria dan wanita sedang bergandengan tangan itu bernama Arca Kencana. Bentuk fisik Arca Kencana terbuat dari material emas 22 karat, tinggi sembilan sentimeter, dan berat 2,5 kilogram. Arca ini ditemukan pada tanggal 15 Agustus 1979.

Ahli arkeologi menuturkan bahwa patung sepasang pria wanita itu diduga adalah Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Maka dari itu, arca ini diperkirakan adalah peninggalan kebudayaan Hindu Siwa. Arca Kencana kini disimpan di Museum Nasional. Pemerintah memutuskan mengganti Arca Kencana asli dengan Arca replika di depan mulut gua. Arca replika ini berukuran lebih besar daripada arca yang ditemukan di sudut gua. Liburan anda akan lebih murah jika menggunakan sewa mobil jogja.

Menurut penuturan peneliti lainnya, keluarga kerajaan ada yang pernah tinggal di sekitar Gua Seplawan. Hipotesis yang satu ini diperkuat dengan ditemukannya Lingga Yoni, lambang kesuburan dan kemakmuran.

Lingkungan di luar Gua Seplawan juga sangat dikembangkan oleh pemerintah setempat sebagai tempat wisata. Buktinya, ada fasilitas bumi perkemahan, gardu pandang, gazebo, aula pertemuan, tempat pentas, tempat parkir, kamar mandi, mushola, dan taman bunga. Para wisatawan sering sekali memakai rental mobil jogja untuk mengunjungi Goa tersebut. Segera pesan mobil di docar.co.id

 

Leave a Reply

